Agar anak hobi membaca

Membaca masih menjadi hobi yg ‘mewah‘ bagi sebagian orang. Ada yg masih menganggap membaca itu hobi nya orang berduit, bisa jadi karna buku harga nya lebih mahal dari harga sayur bayam. Lah iya, sayur bayam seikat nya seribu rupiah, nah kalo buku? Paling murah 15ribu, itu pun jarang banget kita bisa nemu buku baru, rata2 buku lawas yg dijual murah karna belum laku ataupun buku2 seken yg kadang warna buku nya udah berubah hehe.

(Eh tapi jangan salah banyak juga loh buku2 lawas ini yg bagus2. Dulu waktu jaman kuliah suka banget beli buku2 seken terbitan lama. Banyak buku2 novel lama yg sekarang udah susah banget dicari).

Eeh eh tapiii…. Ada juga kok buku cerita anak murah meriah πŸ˜€ Harga nya cuma 2ribuuu. Belinya di warung yg jual mainan anak 2ribuan. Si Uta aja yg masih 18bulan suka minta di bacain terus berulang2 buku cerita yg itu.

buku cerita harga 2ribu. umumnya berisi cerita legenda dari berbagai daerah

Mungkin karna membaca identik dengan julukan ‘si anak rajin‘ atau ‘si anak pintar‘ atau ‘si kutu buku‘ atau apapun itu, sehingga bagi mereka, khususnya ibu-ibu yg merasa ga pintar2 banget, ngerasa kurang mampu bacain buku buat anak. Percayalah, membaca itu bukan masalah mampu ga mampu, tapi mau meluangkan waktu sedikiiiiit aja buat duduk sama anak dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

buku pertama Si Uta yg dibeli waktu umur 2bulan. jadi buku terfavorit yg dibaca setiap saat, sampai sekarang umur 18bulan dan si buku pun sekarat 😌

Kenapa orang tua ngerasa berat buat beli buku buat anak nya? Mungkin karna harga buku anak itu mahal. Ya benar! Sebagian buku anak (sebagian besar sih) harga nya melambung meroket tinggi, wuih πŸ˜‚ hehehe ada banyak buku2 anak berkualitas yg dijual diatas 100ribu, bahkan sampe jutaan (buku yg dijual paketan). Ada penjual yg membantu meringankan dengan sistem arisan. Ada juga penjual yg meringankan dengan buka jasa titip buku yg lagi diskon besar2an.
Padahal kalo kita rajin nyari dipasar banyak juga buku anak lokal yg dijual murah. Ya walaupun buku nya ga secanggih dan semenarik buku yg mahal itu tapi cukup membuat anak tertarik ketika kita mau membaca bersamanya. Walau halaman bukunya hanya putih hitam atau cuma ada gambar, anak akan merasa tertarik saat kita mencoba membaca walau hanya dengan mengarang indah 😁

Jadi intinya, Ayo buibu pakbapak duduk sebentar membaca buku, 10 menit juga boleh. Agar anak familiar dengan ‘hobi membaca’. Kenapa harus membaca? Kita pasti sudah sering dengar manfaat membaca itu buat apa. Jadi sekarang pertanyaannya dibalik. KENAPA TIDAK MEMBACA???? APA ADA YG SALAH DENGAN MEMBACA????
oke sekian dan terimakasih πŸ™‚

Catatan: Tulisan ini dibuat hanya berdasarkan pendapat saya pribadi, bukan dari ahlinya. Dengan tujuan untuk mengajak semua orang untuk familiar dengan ‘hobi membaca’. Tulisan ini didasari dari curhatan seorang ibu muda biasa yg tinggal di daerah terpencil dengan lingkungan hidup yg dipenuhi orangtua lulusan sarjana tapi anak nya tidak akrab dengan buku. Siapa tau ada yg sepengalaman dengan saya yee kan? πŸ˜‚